Brand Personality Acara Dakwah Televisi Dalam Perspektif Teori Kultivasi Media


Brand Personality of Television Da'wah Programs in the Perspective of Media Cultivation Theory


  • (1) * Mohammad Nurrokim            Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al-Hadid  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Acara dakwah harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Popularitas acara dakwah masih perlu banyak dikembangkan. Perbaikan acara dakwah dapat dikaji melalui penguatan kepribadian merek. Pemetaan kepribadian merek pada perbedaan kelompok pemirsa televisi dapat membantu revitalisasi acara dakwah. Studi ini mengkaji dimensi brand personality acara dakwah di televisi dalam perspektif teori kultivasi media. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Kriteria sampel yaitu warga muslim Kota Surabaya pemirsa acara Islam itu Indah dan Mamah Aa Beraksi. Analisis data menggunakan pemodelan Rasch dengan kalibrasi instrumen stabil ±0,5 logit dengan tingkat kepercayaan 99%. Penelitian ini mengkaji 13 dimensi brand personality pada acara Islam itu Indah dan Mamah Aa Beraksi. Teori kultivasi media menjelaskan tentang efek paparan media terhadap pemirsa. Ada perbedaan persepsi antara pemirsa yang jarang menonton televisi (light viewers) dengan pemirsa yang sering menonton televisi (heavy viewers). Ada perbedaan persepsi brand personality antara kedua jenis pemirsa ini. Tujuh dimensi yang dipersepsi pemirsa yang sering menonton, sedangkan pemirsa yang jarang menonton mempersepsi acara dakwah dengan lima dimensi brand personality. Namun keduanya memiliki satu kesamaan persepsi dimensi kepribadian berjiwa muda (young & vibrant) pada acara dakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Borzooei, Mahdi dan Maryam A. “‘The Halal Brand Personality and Its Effect on Purchase Intention.’” Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 5, no. 3 (n.d.): 481–91.

Bouhlel, Olfa, Nabil M., Dorsa H., dan Ichrak B. S. “‘Brand Personality’s Influence on the Purchase Intention: A Mobile Marketing Case.’” International Journal of Business 5, no. 3 (2013).

Bryant, Jennings dan Susan Thompson. Fundamentals of Media Effects. New York: Mc Graw Hill, 2002.

Evra, J. V. Television and Children Development. New Jersey: Lawrences Erlbaum, 1990.

Jafamejad, A. Kambiz S. dan Farzaneh M. “‘Analysis of the Effect of Brand Personality on Customer Loyality to the Mellat Bank Brand in the Tehran Province.’” Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 03, no. No. 9 (n.d.): 791–800.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa: Benjamin Molan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006.

Kumar, Abhishek dan R. Venkatesakumar. “‘Creating a Business-Media Brand Personality Scale.’” International Journal of Business and Social Science 06, no. no.4 (2015).

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2018-06-07
 
How to Cite
Nurrokim, M. (2018). Brand Personality Acara Dakwah Televisi Dalam Perspektif Teori Kultivasi Media. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(1), 30-52. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.1545
Section
Articles